QnA Bersama Yemima Eugenia Tentang Memahami Diri Sendiri



Selamat datang lagi diblogku, semoga readers ku sehat selalu ya... :)


Jadi kali ini aku meminta teman baruku untuk aku tanya-tanya tentang hal yang berkaitan dengan hidup, dan untung saja temanku mau hihihih. Tema yang akan aku bahas disini adalah mengenali diri sendiri, kenapa aku ambil persoalan ini ? karena menurutku masih ada sebagian orang masih belum bisa mengenali diri mereka sendiri. Masih merasa kehilangan arah, masih merasa bingung jalan mana yang harus diambil dan masih bingung bagaimana diri mereka sendiri yang sebenarnya. Dan aku membuat beberapa pertanyaan yang akan dijawab oleh temanku.


So namanya adalah Yemima Eugenia yang baru saja aku kenal pada saat perkuliahan sudah aktif, ya karena aku dan Yemima satu kelas  hihii.


Lets get started !!!


Menurut kamu, kamu itu udah kamu belum ? apa yang buat kamu yakin ?

-          Karena aku suka sama hal-hal yang bener-bener aku suka, aku bener-bener lakukan hal yang aku suka, emang sih susah buat meyakinkan diri kita sendiri tapi seiring waktu kita akan semakin kenal sama diri kita sendiri.

Yap ! jika mereka tau hal yang mereka suka maka mereka akan dengan senang hati melakukannya, berbeda dengan orang yang melakukannya tanpa rasa suka mereka akan merasa bahwa itu adalah sebuah tanggung jawab dan ditambah rasa berat hati jika tidak melakukannya. Semua butuh proses bukan ? dan butuh proses juga untuk mengenali diri sendiri. Semakin zaman yang berubah-ubah tiap tahun, lingkungan yang berbeda-beda membuat kita semakin kehilangan arah dan melupakan diri kita sendiri.



Bicara tentang batasan diri, kamu tau gak sih batasan diri kamu itu sampai mana ?

-          Aku lebih suka membatasi diri, dari pada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.  Tapi bukan berarti takut untuk mencoba karena harus lebih berhati-hati dalam mencoba sesuatu.

Ada beberapa orang membatasi diri dan ada orang yang malah membuang kata “Batas” dalam hidupnya, ya karena itu tergantung dari apa yang mereka sudah alami dan apa yang mereka ingin capai.



Apa kamu sudah menjadi diri sendiri ?

-          Masih banyak hal yang belum dilakukan sebenarnya , sudah terpikirkan tapi lagi-lagi harus dipikirkan dua kali untuk melakukannya agar tidak ada yang salah.

Kadang ada beberapa perasaan yang membuat kita merasa bukan diri kita disituasi tertentu, terkadang ada hambatan dan terkadang ada hal yang membuat kita ragu akan diri kita sendiri. karena terlalu takut akan sebuah kesalahan yang pernah terjadi banyak orang yang sangat berhati-hati untuk melangkah.



Bagaimana cara menerima diri sendiri ?

-          Sering banget sih kayaknya susah menerima diri sendiri, karena susah untuk merubah salah satunya oleh sebab itu harus berdamai dengan diri sendiri ya contohnay dengan rendah hati, jangan sombong, menerima kritikan sebagai motivasi kalau terus terusan gak bisa menerima diri sendiri berartti gaka kan berubah dong. Pada awalnya akan merasa susah untuk berubah tapi kita tidak mungkin stuck pada saat itu aja.

Pada akhrinya setiap orang akan menerima diri mereka sendiri sebagaimana harusnya,  lambat laun mereka akan mengerti bagaimana cara memahami diri mereka sendiri.


Quote from Yemima

“Life doesn’t have to be perfect to be wonderful, Dont just be good to other people, be good to yourself too”



Nah, memang gak mudah untuk mengenali diri sendiri tapi bersama waktu semua akan terproses menjadi diri kita yang terus berkembang tiap waktunya. Terima kasih yang sudah menyempatkan waktunya untuk membaca postingan ini, ku harap dengan memposting ini membuat kita memiliki sisi pandang masalah yang luas.


See you next post J