Haloo! Selamat datang di tulisan kali ini, agak beda karena akhirnya review buku lagi setelah sekian lama.
Pertama-tama, wanna say thanks untuk sister in law ku karena bersedia meminjamkan buku ini untukku. Sebenarnya sudah sejak lama tau buku ini ada, udah cetakan yang keberapa juga kan y?! Kebetulan My sister in law ini punya dan aku langsung meminjamnya. Sebelumnya aku pernah punya buku tulisan Brian Khrisna ini, yang judulnya KUDASAI makanya aku tertarik membaca buku yang satu ini. Sempat viral jugakan? Karena banyak yang suka dan banyak yang hate juga hihihi
Jadi berikut adalah opiniku tentang buku ini. Let's goooo!!!!
Buku ini berjudul SEPORSI MIE AYAM SEBELUM MATI karya dari Brian Khrisna. Aku tentu saja tertarik sejak baca buku yang berjudul bahasa Jepang bernama KUDASAI itu, dan buku ini juga punya judul yang unik menurutku. Judul yang agak panjang tapi punya makna yang bisa ditemukan saat selesai membaca buku ini. Ingat banget dulu ikutin akun instagram penulisnya yang lagi voting untuk pilih mana cover buku yang paling bagus, dan ternyata inilah sekarang yang terpilih.
Buku ini bercerita tentang Ale yang putus asa dengan hidup yang dijalaninya, sebelum mengakhiri hidupnya sendiri Ale punya syarat; yaitu makan mie ayam. Eh, sayangnya Sang Pencipta punya skenarionya sendiri. Ale malah di suruh keliling Jakarta dan ketemu manusia-manusia 'terpilih' yang mengajarkan arti hidup dari berbagai point of view yang berbeda-beda. Ale pun akhirnya menyadari bahwa arti hidupnya berubah semenjak ia menyadari bahwa ada sesuatu yang baru didalam dirinya muncul perlahan-lahan.
Judul buku ini simple dan umum, bahkan udah tenar banget tentang sarapan orang Jakarta itu adalah Mie Ayam. Sampul buku yang unik, seakan-akan kasih gambaran kalau ini buku tentang kulineran, padahal salah besar. Suasana di buku ini rasanya dibangun cepet-cepet banget, Tiba-tiba kesini, tiba-tiba udah disana, tiba-tiba dibawa kesini, seakan-akan Ale sebuah bola ini di oper-oper kesana kemari. Jujur, cukup ngos-ngosan sih.
Novel di bertemakan kehidupan. Iya, kehidupan yang kadang enggak ketebak arahnya. Kadang ada rasa kehilangan seseorang, rasa kekeluargaan yang bahkan datangnya bukan dari keluarga, persahabatan yang sulit didefinisikan, dan belajar tentang arti hidup dari orang yang enggak kita duga-duga ketemu orang itu dari mana.
Perjalanan hidup Ale ini memang seru, ketemu banyak orang yang beragam dan kasih pembelajaran hidup yang tiada duanya. Bicara tentang karakter favorite sih tentu Juleha ya. Karena lagi-lagi, ibu satu anak ini pasti bisa mengerti banget karakter Juleha karena sama-sama seorang ibu yang selalu mengusahakan yang berbaik untuk anaknya. Semoga Juleha mendapat kemudahan di jalannya Allah, aamiin.
Entah, kenapa di buku yang satu ini aku kurang suka cara menuliskannya. Aku lebih suka penulisan di buku Kudasai. Di novel yang satu ini banyak banget tulisan-tulisan yang terlalu dipaksakan, kayak tiap karakternya tuh mesti banget kasih kata-kata gitu. Kata-katanya tuh nggak singkat, bahkan terasa seperti menggurui. Beberapa kali aku dibuat agak geram membaca ucapan beberapa orang yang terlalu panjang itu. Tapi, mungkin begitulah cara para karakternya menyadarkan Ale ini dari 'kebuntuan' hidupnya.
Sayangnya aku nggak begitu ingat dengan quote yang ada dibuku ini, soalnya sebelumnya nggak kepikiran kalau mau direview dan sekaligus sebagai track record di blog ini kalau aku pernah baca buku ini. Jadi, aku nggak mempersiapkan diri untuk mencatatnya, lagi pula bukunya sudah aku kembalikan kepada yang punya hihihi.
Aku akan kasih buku novel ini 7/10 !
Untuk kamu yang penasaran gimana seporsi mie ayam bisa mengubah hidup Ale, kamu bisa beli buku ini.
Untuk kamu yang merasa kurang punya alasan untuk hidup, tidak ada jalan lagi untuk hidup, kamu mungkin akan menemukannya dibuku ini.
Oh, ya, by the way baru aja kemarin aku melihat info kalau buku ini ternyata sudah diadaptasi menjadi sebuah film. Film dengan judul yang sama. Film yang akan tayang bulan November 2026, jadi penasaran sama tokoh Murad sama Pram soalnya cocok banget bisa kebayanglah gimana cara mereka menjadi karakter di buku ini.
Untuk kamu yang mau lebih tau detailnya atau kepo sama versi bukunya bisa langsung beli bukunya ya.
Sekian tulisan kali ini,
See You Next Post!!
0 Komentar